Iklan

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhrD7yx-DdJE6SBDqIT7yYDbFn8AyQ1qCVF6DMmDJMwOGKECtRYGVfcKtttbMd0Ot8qhWSfdv-UHaStsH7PUTdAba0tAq0_Y1z3B7Su3LM7_IUY9t2IvXt5Jn4w6_VGCJTb3iW3KBzB6745tc_-1sTHRX9mW1mAUjYRkq4u8z9OIwDjeJDLBY-MoRRZ=s1600

Iklan

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhrD7yx-DdJE6SBDqIT7yYDbFn8AyQ1qCVF6DMmDJMwOGKECtRYGVfcKtttbMd0Ot8qhWSfdv-UHaStsH7PUTdAba0tAq0_Y1z3B7Su3LM7_IUY9t2IvXt5Jn4w6_VGCJTb3iW3KBzB6745tc_-1sTHRX9mW1mAUjYRkq4u8z9OIwDjeJDLBY-MoRRZ=s1600
,

Iklan

Usai Tetapkan Pimpinan Dewan dan Fraksi, DPRD Sidoarjo Segera Atur Komposisi Komisi

Monday, September 16, 2024, September 16, 2024 WIB Last Updated 2024-09-16T11:54:05Z



Pimpinan sementara DPRD Sidoarjo, (dari kiri) Abdillah Nasih dan Suyarno memimpin sidang paripurna penetapan usulan parpol untuk personel Ketua dan Wakil Ketua Dewan serta pengurus Fraksi.



DNN, SIDOARJO – Forum Sidang Paripurna DPRD Sidoarjo yang digelar Rabu (11/09/2024) menerima nama-nama yang diusulkan semua parpol parlementer untuk mengisi posisi Pimpinan Dewan dan pengurus setiap fraksi di masa bakti 2024-2029.


Diantaranya Abdillah Nasih yang ditunjuk PKB menjadi Ketua DPRD Sidoarjo. Sedangkan untuk posisi Ketua Fraksi diserahkan pada Dhamroni Chudlori yang didukung Achmad Muzayyin sebagai sekretaris dan Ainun Jariyah sebagai bendahara.


Lalu Partai Gerindra masih percaya pada Kayan untuk tetap duduk di kursi Wakil Ketua DPRD. Posisi  Ketua Fraksi diserahkan pada pendatang baru, Muzayin Syafrial yang dibantu Supriyono sebagai Sekretaris fraksi.


Selanjutnya Warih Andono mendapatkan mandat dari induk organisasinya untuk menjadi Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar. Sedangkan orang nomer satu di jajaran fraksi tetap digenggam HM. Nizar.  Kinerja politisi senior asal Dapil Sidoarjo 4 itu disokong sepenuhnya oleh Wahyu Lumaksono sebagai Wakil Ketua dan Adiel Muhammad Kananta sebagai Sekretaris.


Legislator dari Kecamatan Krian lainnya, Bangun Winarso juga menduduki jabatan sebagai Ketua Fraksi PAN. Posisi Wakil Ketua diisi Emir Firdaus lalu Rizal Fuadi sebagai Sekretaris dan Roki Wardoyo sebagai Bendahara.


Berikutnya untuk Fraksi PKS yang menggandeng PPP dipimpin oleh Afdal Muhammad Ihsan. Posisi Wakil Ketua ditempati Fitrotin Hasanah dan Deny Haryanto sebagai Sekretaris. Sedangkan Vike Widya Asroni anggota fraksi.


Sementara itu di Fraksi Nasdem-Demokrat, menempatkan politisi muda, M. Zakaria Dimas sebagai Ketua yang didukung Zahlul Yussar sebagai Wakil Ketua dan legislator senior, Agil Efendi sebagai Sekretaris fraksi.


Yang terakhir, Sudjalil ‘naik pangkat’ menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sidoarjo di masa bakti lima tahun ke depan. Politisi gaek yang juga berangkat dari Dapil Sidoarjo 4 itu akan didampingi kader banteng senior, Choirul Hidayat sebagai Wakil Ketua dan Kasipah sebagai Sekretaris.


Sayangnya, sampai digelarnya forum Sidang paripurna tersebut, parpol berlogo banteng moncong putih tersebut belum menunjuk nama legislatornya untuk posisi wakil ketua DPRD Sidoarjo. Tentang hal itu, Bendahara DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, Suyarno yang ditemui seusai rapat paripurna itu mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan pimpinan pusat.


“Memang belum ada perintah dari DPP. Bukan hanya Sidoarjo, tapi seluruh DPRD di Indonesia juga belum ada. Baik yang ada di level propinsi maupun kabupaten dan kota. Ditunggu saja dulu,” ujar Suyarno yang saat ini menduduki posisi sebagai Wakil Ketua Sementara DPRD Sidoarjo itu.


Bahkan politisi asal Prambon tersebut juga belum bisa memberikan gambaran waktu turunnya surat keputusan DPP PDI Perjuangan terkait penugasan kader yang akan menduduki posisi strategis itu. “Yang bisa memastikan ya hanya Bu Mega (Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan-red). Karena itu memang kewenangan beliau,” tandas legislator dua periode itu.


Abdillah Nasih memberikan keterangan pers usai memimpin Sidang Paripurna DPRD Sidoarjo.


Mengenai hal itu, Ketua Sementara DPRD Sidoarjo, Abdillah Nasih mengaku tidak terlalu risau. Karena masih ada cukup waktu bagi pihaknya untuk menyusulkan nama legislator yang ditugaskan PDI Perjuangan di posisi Wakil Ketua DPRD Sidoarjo.


“Setelah susunan pimpinan DPRD dan fraksi-fraksi ditetapkan hari ini, kami akan ajukan ke Pemprop Jatim untuk mendapatkan pengesahan. Biasanya prosesnya butuh waktu sekitar dua minggu terhitung sejak saat ini. Jadi masih ada banyak waktu,” ujar politisi yang berpenampilan kalem itu.


Bahkan meski melewati tenggat waktu itupun, menurut Nasih juga tidak akan menjadi masalah yang berarti karena proses pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) lainnya masih tetap terus berjalan sesuai tahapan.


Nasih menjelaskan, setelah struktur organisasi Pimpinan Dewan dan Fraksi tersebut definitif, mereka masih punya tugas untuk menempatkan para legislator di tiap-tiap Komisi. Yakni Komisi A yang membidangi Hukum dan Pemerintahan, Komisi B yang mengurus masalah ekonomi dan keuangan, Komisi C yang fokus di persoalan-persoalan pembangunan fisik dan Komisi D yang menangani bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.


Belum lagi posisi lainnya seperti Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) serta Badan Kehormatan. “Soal pimpinan komisi dan AKD lainnya nanti akan kami bicarakan dengan semua fraksi. Intinya tetap mengedepankan prinsip proporsional,” pungkas Nasih.


Ketua Fraksi Golkar, HM. Nizar bersama anggota Fraksi Golkar, M. Dian Felani.


Sementara itu Ketua Fraksi Golkar, HM Nizar berharap nama-nama pimpinan dewan serta fraksi yang diajukan DPRD Sidoarjo bisa segera ditetapkan. Dengan begitu fungsi lembaga legislatif tersebut dapat dijalankan, baik di bidang legislasi, budgeting maupun pengawasan terhadap kinerja eksekutif.


“Persoalan yang ada di masyarakat terus terjadi dan harus segera diselesaikan. Karena itu akan jauh lebih baik jika proses pengesahan itu bisa dilakukan dengan cepat sehingga pembentukan AKD lainnya bisa dilaksanakan sesegera mungkin,” ujarnya.


Terutama mendekati masa-masa akhir tahun seperti ini dimana DPRD Sidoarjo harus segera menggarap rencana anggaran daerah untuk tahun depan yang prosesnya membutuhkan alokasi waktu yang tidak pendek.


“Intinya, lebih cepat lebih baik karena dengan begitu seluruh anggota DPRD Sidoarjo bisa segera bekerja secara optimal sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Dan kami di Golkar sudah sangat siap untuk itu, termasuk membagi para anggota fraksi di semua AKD yang ada,” tandas Nizar.(pram)

 

 

 


Iklan

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhNj5-ZAvcT-9iIFlu_km3yh0_IaIxL-uRp7XywnOxuvvkr12MBmNDLDoYO1-MyFPIHdipkG_g20QK1i4rLINfeoyIAmPow8QCRl2MdOSHBLINCxC0WutJLAlmN5cjigUHfuSiVQuDMfLIWwCvHzNWfup4l5TaECdpXhQwuwuLsC_kmxBsjUTDElycYrco=s1431

CV DELTA TOUR

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEh5qCd9AeFn-lyqVbBcH8rTim07Ay_xbYd6AiaVSQnXSY57S_XnKzbeyqlcuFXemvK5Q0yU-umA4FaH8ThX1Gut8vyjVviRQMZvT9HCrdv9nnzHn8MimtwNQpLxE4onUfobXs_xamjsooT5dxxba72AfCEFlBwXUigoIlRAEIT4stnjHsqKI4Gsl0sa=s1280